Sholichah, Eliana (2020) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA MENGGUNAKAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST DI MTs MAMBAUL ULUM KASRI SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2019/2020. S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.
![]() |
Text
Cover.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (708kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (433kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (650kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (437kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (311kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (314kB) |
Abstract
Sholichah, Eliana 2020, Upaya Guru Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Menggunakan Metode Contextual Teaching and Leraning (CTL) Pada Pelajaran al-Qur’an Hadis di MTs Mambaul Ulum Kasri Semester II Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam “Ma’had Aly Al-Hikam” Malang. Pembimbing Skripsi: Moh. Mansur Fauzi M.Pd.I Kata Kunci: Metode CTL, Meningkatkan Pemahaman Siswa Dalam suatu negara, pendidikan memegang peranan yang amat penting untuk menjamin kelangsungan hidup negara dan bangsa, karena pendidikan merupakan wahana untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas sember daya manusia. Fungsi pendidikan adalah menyiapkan peserta didik. “menyiapkan” diartikan bahwa peserta didik pada hakikatnya belum siap, tetapi perlu disiapkan dan sedang menyiapkan dirinya sendiri. Skripsi ini bertujuan untuk memperoleh gambaran secara mendalam tentang, 1)Mendeskripsikan penerapan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pembelajaran al-Qur’an Hadis di MTs Mambaul Ulum Kasri semester II tahun pelajaran 2019/2020, 2) Mendeskripsikan faktor penghambat dan faktor pendukung dalam menerapkan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pelajaran al-Qur’an Hadis di MTs Mambaul Ulum Kasri Semester II tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pedekatan kualitatif. Adapun tehnik penggumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan kondensasi data, penyajian data, dan akhirnya dari data yang telah disusun tersebut ditarik kesimpulan. pengecekan keabsahan data dilakukan dengan mencangkup beberapa tringulasi dan perpanjangan waktu penelitian. Hasil penelitian. Penerapan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran al-Qur’an hadis di MTs Mambaul Ulum Kasri sudah berjalan cukup baik. Pelaksanaan pembelajaran diatas sudah menerapkan kurikulum KTSP, dan program pembelajarannya lebih menekankan pada skenario pembelajaran. Faktor penghambat pada metode CTL adalah masih ada siswa yang tidak mau merespon terhadap guru dalam memberikan penjelasan pada saat proses pembelajaran, dan faktor pendukung dari metode CTL adalah dengan menggunakan metode CTL pembelajaran di kelas akan menjadi aktif dan sumber belajarnya pun terjangkau mudah di temukan oleh siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | A General > Indexes (General) B Karya Umum > BD penelitian D Agama > D Agama |
Divisions: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Eliana Sholichah 2016.77.01.870 |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 01:57 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 01:57 |
URI: | http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/1465 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |