Romli, Muhammad (2025) GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEBAGAI ROLE MODEL DALAM PENDIDIKAN KARAKTER SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM NUSANTARA MALANG. S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.
![]() |
Text
Cover.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (337kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (618kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (173kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (960kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (483kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB VI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (159kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (254kB) |
Abstract
ABSTRAK Romli, Muhammad. 2025. Guru Pendidikan Agama Islam sebagai role model dalam penanaman Pendidikan karakter Siswa Di Sekolah Menengah Atas Islam Nusantara Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’had Aly Al-Hikam Malang, Dr. Mochamad Nurcholiq, M.Pd. Kata Kunci: Guru Pendidikan Agama Islam, role model, Pendidikan Karakter, SMA Islam Nusantara Guru Pendidikan Agama Islam SMA Islam Nusantara(SMAINUS) adalah guru yang memiliki tanggungjawab besar untuk tersampaikannya pemahaman ilmu agama islam dan juga bisa penerapannya oleh siswa dalam kehidupan sehari-hari, juga dalam penanaman Pendidikan karakter pada siswa SMAINUS melalui keteladanan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui Kompetensi apa saja yang dimiliki Guru PAI SMAINUS untuk menjadi role model bagi siswa SMAINUS dalam keteladanan karakter. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis dalam hal apa saja Guru PAI menjadi role model bagi siswa SMAINUS dalam Pendidikan karakter. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian Studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Lokasinya berada SMA Islam Nusantara Malang yang terletak di jln. Mayjen Haryono XXI/30, Dinoyo, Kec. Lowokwaru, Kota Malang. Sumber data yang digunakan berasal dari orang dan selain orang yaitu para informan dan dokumen-dokumen yang ada ditempat penelitian. Metode pengumpulan data penelitian ini dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa: (1) Kompetensi yang dimiliki Guru PAI SMAINUS sehingga bisa menjadi role model dalam pendidikan karakter siswa adalah sebagaimana berikut: Kompetensi profesional dalam memahami dan mengamalkan ilmu agama, Kreativitas tinggi dalam mengajar dan memiliki kemampuan reflektif dalam mengevaluasi pembelajaran, Memiliki Kepribadian yang mulia, Memiliki Kemampuan memberikan nasihat dan berkomunikasi dengan baik, Memiliki empati dan perhatian terhadap masalah yang dihadapi siswa. (2) Guru PAI SMAINUS menjadi role model dalam penanaman pendidikan karakter siswa pada beberapa hal; dalam Menjalankan Ibadah, Model dalam Berinteraksi dengan Sopan dan Penuh Empati, dalam Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah, dalam Menanamkan Karakter Jujur dan Disiplin dan dalam Menjalankan Nilai Sosial dan Kepedulian.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | D Agama > D Agama |
Divisions: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muhammad Romli 2177011740 |
Date Deposited: | 05 Jul 2025 06:34 |
Last Modified: | 05 Jul 2025 06:34 |
URI: | http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/1377 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |