Lovinary, Revita, (2023) METODE PEMBELAJARAN AL-QUR’AN MELALUI MAJLIS TARBIYATUL QUR’AN UNTUK MENINGKATKAN BACAAN AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN MIFTAHUL ULUM ATTHOHIRIN GONDANGLEGI MALANG. S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.
Text
7. BAB VI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (303kB) | Request a copy |
|
Text
8. DAFTAR PUSTAKA-1.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (421kB) | Request a copy |
|
Text
4. BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (444kB) | Request a copy |
|
Text
2. BAB I.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (579kB) |
|
Text
3. BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (712kB) | Request a copy |
|
Text
5. BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
ARTIKEL REVITA-1.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (607kB) |
|
Text
1. COVER dll.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (577kB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan merupakan pilar utama yang dapat mengembangkan sumber daya manusia dan menjadikan salah satu wadah bagi masyarakat Indonesia untuk belajar, mengembangkan potensi, dan sebagai sarana untuk memberikan suatu bimbingan dan pengarahan terhadap peserta didik untuk membentuk kepribadian yang berilmu, bertakwa kepada Allah, kreatif, mandiri, dan membentuk sifat kepribadian yang dewasa. Didalam dunia pendidikan tidak cukup apabila mempelajari ilmu formal saja, maka kita harus mempelajari ilmu yang didasari dengan pendidikan agama. Kususnya peserta didik harus diajarkan ilmu al-Qur’an, karena al-Qur’an merupakan syi’ar “Al-din” untuk menguatkan aqidah dan mengkokohkan keimanan. Pesantren Miftahul Ulum Atthohirin adalah lembaga pendidikan al-Qur’an yang bertujuan untuk mendongkrak pondok pesantren melahirkan generasi yang baik berbasis Qur’ani. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode pembelajaran al-Qur’an dalam meningkatkan bacaan al-Qur’an santri dan apa saja faktor pendukung dan penghambat metode pembelajaran al-Qur’an MTQ di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Atthohiri Gondanglegi Malang. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Adapun metode pengumpulan datanya adalah dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknis analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil peneltian menunjukkan bahwa: (1) Metode pembelajaran al-Qur’an di MTQ Pondok Pesantren Miftahul Ulum Atthohirin terdapat perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. (2) Faktor pendukung MTQ Pondok Pesantren Miftahul Ulum Atthohirin yaitu penyediaan media pembelajaran dan pengadaan kegiatan di luar kelas. Sedangkan faktor penghambatnya adalah peserta didik kurang memenuhi target pencapaian dan tidak semua peserta didik memiliki Hp atau Laptop saat pelaksanaan ujian di akhir semester.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | A General > Indexes (General) |
Divisions: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Revita Lovinary 1977011272 |
Date Deposited: | 06 Nov 2023 01:23 |
Last Modified: | 12 Jul 2024 05:22 |
URI: | http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/127 |
Actions (login required)
View Item |