Ahyar, Masyhadi (2023) KONSEP INTERAKSI EDUKATIF GURU DENGAN PESERTA DIDIK PERSPEKTIF IMAM AN-NAWAWI DALAM KITAB AT-TIBYAN FII ADABI HAMALATIL QUR’AN DAN RELEVANSINYA DENGAN UU NO. 14 TAHUN 2005. S2 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.
![]() |
Text
COVER.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (5MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (422kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (472kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (699kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (412kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (60kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (201kB) |
Abstract
Guru memiliki peran sentral memberikan pendidikan yang baik kepada peserta didik, adapun peserta didik sebagai objek yang menerima dan memperoleh pendidikan perlu kesungguhan untuk mendapatkan apa yang diberikan guru. Kedua belah pihak tersebut secara otomatis akan sering melakukan hubungan interaksi baik guru kepada peserta didik atau sebaliknya peserta didik terhadap guru. Hubungan interaksi tersebut harus dibuat sebaik mungkin terutama bagi seorang guru yang menjadi pendidik bagi peserta didiknya. Namun sayang hal tersebut kurang diperhatikan sehingga mengakibatkan peserta didik tidak memperoleh hasil belajar yang maksimal. Persoalan peserta didik yang tidak nyaman dikelas serta tidak memberikan penghormatan atau penghargaan kepada gurunya yang telah mendidiknya bisa jadi sebab ketidak harmonisan interaksi yang dibuat. Memudarnya nilai etika guru dan peserta didik menunjukkan adanya sesuatu yang salah dalam praktek interaksi pendidikan. Berdasarkan hal tersebut tesis ini bertujuan untuk mengupas konsep interaksi edukatif guru dengan peserta didik menurut Imam An-Nawawi dalam kitab At-Tibyan Fii Adabi Hamalatil Qur’an dan relevansinya dengan UU No. 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen. Penelitian ini meggunakan metode library research atau kajian pustaka yang merupakan bagian dari penelitian kualitatif. Instrument utama dalam penelitian ini adalah peneliti itu sendiri dengan cara mengumpulkan informasi dari berbagai literatur untuk dipelajari, dikaji, diteliti serta dimpilah-pilih berdasarkan tema yang sesuai dengan kajian dan dianalisis menggunakan content analysis atau analisis isi. Peneliti menggunakan pendekatan filosofis dan historis dengan membedakan pemikiran dan sejarah yang ditemukan oleh peneliti dari sisi biografi, karya-karya dan sisi kehidupannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep interaksi edukatif guru dengan peserta didik perspektif Imam An-Nawawi memiliki kaitan yang kuat antara pola interaksi yang bersifat lahir dan juga batin dengan mengutamakan pada etika agama (religios-etich) untuk mendorong keberhasilan proses belajar. Tahapan interaksi edukatif guru dibagi kedalam tiga kategori. Pertama, kompetensi etika kepribadian guru. Kedua, etika guru yang harus dilakukan dengan peserta didik. Ketiga, etika guru yang perlu dilakukan saat proses pembelajaran. Gagasan Imam An-Nanawi tersebut memiliki relevansi dengan UU No. 14 Tahun 2005.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | D Agama > D Agama |
Divisions: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | MASYHADI AHYAR 212120107 |
Date Deposited: | 20 May 2025 03:54 |
Last Modified: | 20 May 2025 03:54 |
URI: | http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/1253 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |