fadillah, rizmaul (2024) Pengaruh Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Karakter Religius Siswa Di MTs Hasyim Asy'ari Batu. S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.
![]() |
Text
Cover.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (919kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (519kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (316kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (335kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB VI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (230kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (221kB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran yang dilakukan didalam kelas oleh guru sebagai pengajar untuk menyampaikan sebuah ilmu kepada siswa-siswi sebagai pelajar dengan tujuan meningkatkan hasil prestasi siswa . Untuk mengetahui pembelajaran proses pembelajaran akidah akhlak dikelas maka ada beberapa variabel dalam mengidentifikasi hasil dari pendidikan akidah akhlak apakah sesuai dengan pembentukan karakter, dari sini jelas sekali bahwa karakter anak bisa diukur melalui proses pembelajaran selama dikelas, dengan beberapa indikator yang mendukung. Fokus penelitian ini adalah : (1) Apakah ada pengaruh pembelajaran akidah akhlak terhadap karakter religius siswa di MTs Hasyim Asy’ari Batu. Metode penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian kuantitatif, data yang diperoleh dari observasi, angket dan dokumentasi, dengan menggunakan analisis data uji korelasi, uji normalitas, uji Hetroskedastisitas, sedangkan untuk uji Hipotesis dengan menggunkan uji t dan uji f. Hasil penelitian pembelajaran akidah akhlak di MTs Hasyim Asy’ari Batu terhadap pengaruh karakter religius siswa memiliki pengaruh yang sangat signifikan, hal ini dapat dilihat dari uji linier 0.590335 > alpha = 0,05% sehingga disimpulkan bahwa tidak adanya pengaruh yang signifikan antara X dengan Y, sedangkan untuk uji normalitas diketahui nilai signifikansi 0,200 > 0.05, maka dapat disimpulkan nilai residual berdistribusi normal. Sedangkan untuk uji multikolinieritas terdapat nilai tolerance 1.000 dan VIF 1.000 sehingga dapat disimpulkan bahwa nilai nilai tolerance 1.000 > 0,100 maka dismpulkan tidak terjadi gejala multikolinieritas, sedangkan jika berdasarkan nilai VIF ditemukan nilai 1.000 > 10.00 maka disimpulkan tidak terjadi gejala multikolinieritas. Kemudian dengan uji f hitung dengan nilai 37,444 dibandingkan dengan f tabel sebesar 3,974 maka dapat disimpulkan bawah ada pengaruh secara simultan antara variabel x dan y. Sedangkan jika berdasarkan uji t hitung dengan nilai 4.740 dibandingkan dengan t tabel sebesar 1,667 maka dapat disimpulkan bawah ada pengaruh secara parsial anatara variabel x dan Y.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | D Agama > D Agama |
Divisions: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Rizmaul Fadillah 2077011594 |
Date Deposited: | 26 Apr 2025 02:50 |
Last Modified: | 26 Apr 2025 02:50 |
URI: | http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/1142 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |